Khutbah jumat Quran Sunnah & Masjid

Alhamdulillah pusat khutbah jumat masih bisa update beberapa judul lagi, semoga niat baik untuk saling share atau membantuk ini mendapat rahmat & rizki dari Allah swt. Aminnn
tema khutbah kali ini adalah kaitan antara Quran Sunnah & Masjid

Dalam rangka mengawal tegaknya kehidupan umat islam di dunia, ada tiga tiang penyangga yang harus ditegakkan, ketiganya berkaitan erat antara yang satu dengan lainnya, pilar itu adalah al Qur’an Sunnah & masjid. Ketganya menjadi rangkaian penunjang tegaknya kehidupan islami di alam marcapada ini. Hukum alquran harus ditegakkan, sunnah harus dijalankan & masjid harus di makmurkan, bukan mencari kemakmuran dari masjid

Hadirin sidang jumat yang mulya
Al Quran adalah kita rujukan ummat beragama islam tertinggi berfungsi sebagai induk yang mewadahi seluruh persoalan baik bebrsifat statis maupun dinamis, al quran selalu up to date dalam semua waktu, relevan sepanjang zaman di dalamnya tidak ada keraguan sedikitpun dalam menunjukkan ummat beragama yang benar sebagaimana firman Allah:

ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ.
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

Kedatangan al Quran akan membuat kehidupan ini bersinar & cahaya petunjuk yang terkandung di dalamnya akan membuat kita semua menjadi lebih berbahagia dibanding hari-hari sebelumnya (baca: Jahiliyah) dimana pada saat itu semua penduduk jahiliyah bertindak senewen dengan al Quran mereka menjadi hidup modern yang berkemanusiaan & berkepribadian, tentu ini tesis yang patut ditiru & diakui secara proporsional. Al Quran adalah cahaya yang menerangi jalan hidup ini

يَاأَهْلَ الْكِتَابِ قَدْ جَاءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِمَّا كُنْتُمْ تُخْفُونَ مِنَ الْكِتَابِ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ.
Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyikan, & banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, & kitab yang menerangkan. (QS. al Maidah:15)

Allah juga berfirman di dalam ayat yang lain, mengungkap bahwa Al Quran adalah petunjuk bagi semua orang yang sebelumnya ia tidak mengetahi apa-apa tentang iman kepada Allah swt.

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ.
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Qur'an) & tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. & sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (Qs. As-Syuura:52)

Dalam ayat lain, Quran juga datang sebagai obat, ada perbedaan pendapat masalah ini, sebagian ulama’ berpendapat Al Qur’an adalah obat untuk luka fisik tapi ulama’ lain berendapat yang dimaksud adalah obat bagi penyakit hati. Terlepas dari itu semua ada baiknya kita mempercayai keduanya dengan menitik beratkan kepada pengobatan luka hati & kotornya hati ini. Bagaimanapun ada beberapa luka fisik & mental yang disembuhkan dengan cara ruqyah dengan menggunakan ayat-ayat al Quaran: Allah berfirman:

يَاأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ.

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu & penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada & petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yuunus:57)

Hadirin sidang jumat rahimakumullah…
Pilar kedua yang harus tegak dalam kehidupan sehari sebagai penopang kehidupan umat Islam adalah sunnah, Sunnah nabi hari terus ditegakkan degnan meniru tidak lampah rasulullah saw, meski dalam bentuk yang berbeda tetapi sengat & spirit yang melandasinya harus murni berasal darinya. Kemasan ibadahnya mungkin berbeda karena perubahan zaman tapi semangat yang tertanam dalam ibadah tersebut haruslah didasarkan atas sunnah rasulillah saw. Nabi saw juga pernah bersabda yang intinya barang siapa yang ingin selamat hidup di dunia akhirat maka pegangalah erat-erat kitabullah al quran & sunnah rasulillah saw.

Hadits yang berkaitan dengan hal ini telah tersebar dimana-mana, semoga kita adalah termasuk ummatnya yang mampu menegakkan sunnah, untuk diri kita sendiri, keluarga & ummat muslimin secara umum. Andaikan ada perbedaan, tentu perbedaan itu harus ditanggapi sebagai rahmat bukan sebagai pemecah belah antas sesama saudara muslim.

Sidang jumat rahimakumullah,
Pilar terakhir yang harus tegak adalah wadah untuk melakukan sholat yaitu masjid ada tiga benteng utama bagi orang mukmin, yaitu masjid, membaca alquran & dzikir kepada Allah, orang Islam yang berada dalam tiga keadaan ini maka orang tersebut akan aman dari gangguan setan yang terlaknat. Akan tetapi sebaliknya orang yang tidak betah tinggal terlalu lama didalam masjid maka orang tersebut ada inidikasi sifat munafik di dalam hatinya. An-Nazzal al Saburah berkata:” orang mnafik didalam masjid bagaikan burung di dalam sangkar”. Ia berontak ingin keluar darinya karena hidangan didalamnya berupa shalat, dzikir & membaca al Quran

Masjid itu sendir mempunyai banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai pusat pengembangan agama, pendidikan, musyawarah keilmuan, penyucian diri dari dosa, tempat yang aman untuk bertobat, tempat I;tikaf & hal-hal lain yag bersifat ukhrowiyah.

Masjid adalah rumah Allah (baitullah) barang siapa yang masuk di dalamnya maka ia adalah tamu Allah, ia akan dimulyakan sebagaiman hak para tamu, sungguh pahal yang luar biasa besarnya. Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang kelak akan mendapat naungan dari Allah disebabkan kita memakmurkannya. Tidak cukup denan memakmurkan secara fisik tetapi juga memakmurkan mental kita di dalam masjid, aminn ya rabbal ‘alamiin


Judul Khutbah Terkait:

Semoga Manfaat, nantikan khutbah terbaru